PERKEMBANGAN
MEDIA SOSIAL, PERAN DAN FUNGSI MEDIA SOSIAL
A.
pengertian media sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog,
jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah
kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan
teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated
content".
B. Perkembangan Media Sosial
·
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan
sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau
mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik
yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem.
Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang
keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan sosial
media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh
peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
1.
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu
1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk
mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan
surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran
telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen
dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia
komputer. Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui
pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research
Project Agency) pada tahun 1971.
2. 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini
melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website
agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan
GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
3. 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu
Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com
yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih
menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.c
4.
1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi,
yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman
situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang
apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga
bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
5. 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial
yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media
sosial menjadi fenomenal.
6. 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk
bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari
sebuah Media Sosial makin berkembang.
7.
2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan
dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang
user friendly.
8. 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang
terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial
yang memiliki anggota terbanyak.
9.
2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang
berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate
status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
10.
2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama
sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007.
Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan
seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun
kelompok.
11. 2011 Lahirnya
Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama
google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang
telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
C. Contoh Media
Sosial
Orang Indonesia adalah salah satu pengguna terbesar
yang ada di dunia. Di beberapa media sosial Indonesia menduduki peringkat atas
dalam daftar pengguna media sosial paling aktif yang ada di dunia. Oke langsung
saja inilah daftar media sosial paling populer di dunia.
1.
Facebook
Media sosial buatan Mark Zuckerburg ini memang
menduduki peringkat pertama media sosial yang paling banyak di gunakan di
dunia. Anda mungkin termasuk pengguna media sosial yang satu ini kan? terlepas
suka atau tidak suka, saat ini Facebook merupakan media sosial paling populer
di dunia.
Sejak diluncurkan pada tahun 2004 silam Facebook sudah
dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya, mulai dari yang
awam soal internet sampai yang sudah ahli sekalipun tidak akan mengalami
kesulitan menggunakan Facebook sebagai sara berbagi informasi di dunia maya.
Kepopuleran Facebook inilah yang mengantarkan Mark Zuckerberg menjadi
salah satu orang terkaya di dunia diusia yang masih muda.
2.
Twitter
Pada peringkat kedua media sosial yang paling populer
di dunia adalah Twitter. Yup, media sosial yang mirip dengan microblog ini
tercatat sebagai media sosial yang paling aktif penggunanya. Sejak diluncurkan
tahun 2006 Twitter tumbuh dengan pesat dan saat ini sudah mencapai 284 juta
pengguna.
3. Dan masih banyak yang lainnya yang bisa kita akses m
D. Fungsi dan
Peran Media Sosial
Ø Fungsi
Media Sosial
Adapaun beberapa fungsi dari sosial media yang harusnya di ketahui oleh
para pengguna sosial media. Hal ini di karenakan agar tidak salah pemakaian dan
mendapatan pengaruh yang positif terhadap sosial media. Ini lah beberapa fungsi
yang berhungan dengan sosial media diantaranya adalah;
Menggunakannya untuk administrasi. Pengaturan profil pada setiap
karyaawan dengan menggunkan sosial media atau jejaring osial bisa sangat
relatif dan juga relevan serta mengetahui posisi pemasaan yang akan anda
lakukan.
Belajar dan mendengarkan. Dengan menggunakan media sosial untuk
sarana belajar maka ada banyak pengetahuan yang akan di dapat. kita juga bisa
sharing apa saja kepada sesama pengguna jejaring sosial.
2.
Peran Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang
efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa
lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran
bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau
pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube
memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media
konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Sumber
:
https://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
http://sarungpreneur.com/inilah-macam-macam-sosial-media-yang-populer-di-dunia/
http://sugikshare.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-sosial-media-dan-perkembangan.html
0 comments:
Post a Comment