SEJARAH WIKIPEDIA
Wikipedia adalah
sebuah kamus besar atau dalam bahasa ilmiahnya ensiklopedia, Wikipedia
merupakan kamus raksasa yang bahkan digunakan oleh Google untuk informasinya.
Wikipedia
terlahir dari sebuah proyek yang di kenal dengan nama Nupedia, yang di danai
oleh Bomis.com, bomis sendiri adalah sebuah perusahaan bersama yang di pimpin
oleh Jimmy wales, Michel Davis dan Tim shell. Jimmy wales adalah seorang
pendiri Wikipedia.
Jika
kita membicarakan Wikipedia ada salah satu orang yang sangat berperan pernting
di dalam pengembangannya, orang itu adalah Larry Sanger. Di tahun 2000, sesudah
mendengar kata “ensiklopedia kolaboratif dan gratis”, Larry menghubungi Jimmy
untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai proyek tersebut.
Dan
pada akhirnya Jimmy meminta Larry agar dapat memimpin seluruh proyek tersebut.
Dan perlu untuk kita ketahui Jimmy dan Larry mencetuskan ide untuk menggunakan
teknologi Wiki untuk mengembangkan Wikipedia.
Dan
pada akhirnya berkat kerja keras Larry
yang di gabungkan dengan visi Jimmy akhirnya menjadi salah satu proyek
ensiklopedia tersukses dan dermawan yang pernah diketahui dunia sekarang ini.
Wikipedia
merupakan ensiklopedia online yang dibangun secara bebas oleh pihak manapun.
Jumlah kontributor yang terdaftar saat
ini telah mencapai sebanyak 35 juta orang di seluruh dunia dalam berbagai edisi
(Wikimapia, Wiki, Wikimedia, dan lain-lain). Seluruh layanan tersebut
berada di bawah naungan perusahaan Wikimedia yang diprakarsai pembentukannya
oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger pada tahun 2001.
Wikipedia
kini telah menjadi ensiklopedia yang mampu mencakup keseluruhan karakter
informasi dari pada kontributornya di seluruh dunia, serta tersedia dalam 285 bahasa dunia. Jimmy Wales mendesain sesuai
dengan ketentuan literasi umum, sehingga informasi yang ditampilkan bisa
dipertanggungjawabkan.
Membuat
akun Wikipedia :
Inilah
yang membedakan Wikipedia dengan Facebook maupun Twitter, bahwa perusahaan dan
layanan adalah perusahaan non profit. Jimmy Wales tidak mengenakan charge seperti
yang dilakukan oleh Facebook maupun Twitter. Pada tahun 2010, Wikipedia
mendapatkan donasi yang nilai totalnya mencapai angka USD 16 juta atau sekitar Rp 147 miliar (Helen A.S. Popkin, NBC News
Technology).
Bisa
dibayangkan, betapa sebuah organisasi non profit mampu menghimpun dana dari
seluruh dunia hingga angka ratusan miliar rupiah. Nilai perusahaan sekarang ini, yaitu Wikipedia saja sudah diestimasikan
mencapai angkai di atas USD 5 juta atau sekitar di atas Rp 46 miliar.
Dengan begitu banyak terhubung dengan segala sumber informasi, nilai situsnya
sendiri diperkirakan mampu melampaui nilai situs Facebook. Sekalipun demikian,
Jimmy Wales dan Wikimedia tetap bersikukuh untuk bergerak secara non profit.
Inilah
yang membedakan Wikipedia dengan Facebook maupun Twitter, bahwa perusahaan dan
layanan adalah perusahaan non profit. Jimmy Wales tidak mengenakan charge seperti
yang dilakukan oleh Facebook maupun Twitter. Pada tahun 2010, Wikipedia
mendapatkan donasi yang nilai totalnya mencapai angka USD 16 juta atau sekitar Rp 147 miliar (Helen A.S. Popkin, NBC News
Technology).
Bisa
dibayangkan, betapa sebuah organisasi non profit mampu menghimpun dana dari
seluruh dunia hingga angka ratusan miliar rupiah. Nilai perusahaan sekarang ini, yaitu Wikipedia saja sudah diestimasikan
mencapai angkai di atas USD 5 juta atau sekitar di atas Rp 46 miliar.
Dengan begitu banyak terhubung dengan segala sumber informasi, nilai situsnya
sendiri diperkirakan mampu melampaui nilai situs Facebook. Sekalipun demikian,
Jimmy Wales dan Wikimedia tetap bersikukuh untuk bergerak secara non profit.
Jika
berandai-andai, Jimmy Wales bisa saja akan mendapatkan pendapatan yang angkanya
akan melampaui angka Mark Zuckenberg dan Facebook. Selain melalui donasi,
darimana pula Jimmy Wales akan menghimpun pendapatannya?
Wikimedia memiliki sejumlah
komunitas yang keseluruhannya telah dijalinkan relasi dan koordinasi. Melalui
komunitas tersebut, Jimmy akan menjalinkan layanan (jasa) kerjasama untuk
membuatkan situs untuk institusi bisnis maupun pemerintahan. Di sinilah Wikimedia melalui komunitasnya akan menghimpun dana yang tidak sedikit.
Sekalipun
penghimpunannya masih dilakukan secara sukarela, tetapi nilai yang terhimpun
dari seluruh dunia bisa mencapai miliaran rupiah per tahunnya. Inilah yang
disebut dengan jenis penghimpunan donasi aktif di mana parisipannya langsung
menyalurkan dana seketika setelah menerima jasa. Google pun sangat terbantu dengan layanan Wikipedia.
Itu sebabnya Google selalu
memberikan prioritas pencarian terhadap setiap kata kunci untuk diarahkan ke
Wikipedia dan layanan sejenisnya.
Grafik
perkembangan jumblah pengguna Wikipedia di Indonesia :
SEJARAH BLOGGER
Berikut
tabel perkembangan Blogger :
Pada
Tanggal 23 Agustus 1999
|
Blogger
diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu
perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam
mempopulerkan format blog di dunia.
|
Pada
Bulan Februari 2003
|
Pyra
Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah
fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi
layanan yang sepenuhnya gratis.
|
Pada
tahun 2004
|
Google
membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan
Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya
ke situs blognya
|
Pada
Bulan Oktober 2004
|
Salah
satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri
dari Google.
|
Pada
Tanggal 9 Mei 2004
|
Blogger
memperkenalkan
beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur
seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk
masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.
|
Pada
Tanggal 14 Agustus 2006
|
Blogger
meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta,
yang diberi nama kode "Invader".
Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan
menambahkan beberapa fitur baru.
|
Pada
Bulan Desember 2006
|
Versi
baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger
selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.
|
Tampilan
akun Blog :
Tampilan
Blog yang sudah di Desain :
Di
Indonesia, jumlah blogger bisa dikatakan sangat tidak proporsional dengan
jumlah penduduk yang sudah mencapai 220 juta jiwa. Blogger yang aktif sendiri
mungkin bisa dikatakan kurang dari 1 juta orang. Tulisan yang disampaikan
blogger tidak semata berbicara tentang bisnis atau sekedar menuliskan jurnal
pribadi.
Tidak
sedikit blogger yang sudah berbicara atau memberikan pandangan tentang politik, ekonomi, sosial, seni, ataupun budaya.
Informasi yang mereka sampaikan bisa dikatakan memiliki bobot atau nilai yang
lebih baik dibandingkan tulisan pada majalah ataupun surat kabar yang
terorganisir.
Kekuatan
blogger banyak diakui oleh media-media informasi ternama sebagai referensi,
sekalipun belum pada taraf 'Terakreditasi'. Jika blogger mampu berperan atau
memberikan pengaruh pada media, bukankah ini berarti blogger memiliki potensi
untuk menjadi agen perubahan (agent of
change)?
Menjadi Agen Perubahan: Pilihan
Para blogger mungkin banyak yang
tidak menyadari jika dirinya sudah menjadi bagian dari agen perubahan.
Bangsa dan negara ini masih banyak membutuhkan perubahan yang tentunya ke arah
yang lebih baik atau menyempurnakan. Agen perubahan tidaklah terlalu rumit
untuk dijelaskan. Suatu tulisan bisa mengandung makna untuk mencerahkan,
memprovokasi, ataupun mempropaganda. Tidak perlu membutuhkan traffic atau
jumlah pengunjung, akan tetapi satu pembaca saja sudah cukup untuk membuka
kesempatan bagi suatu perubahan.
Seorang
penulis dari suatu blog menuliskan mengentai opini keraguannnya atas Pemilu
2009. Penulis yang nampaknya cukup berpendidikan ini menilai dirinya mengalami
banyak kesulitan apabila mengikuti aturan pemilihan sekarang ini.
Tulisan
yang dipublikasikan sekitar bulan Oktober 2008 lalu, tanpa disadari oleh
penulisnya telah mendorong opini publik secara perlahan yang selanjutnya
menciptakan polemik golput. Dari sitemeter yang ditampilkan nampaknya blog si
penulis dikunjungi rata-rata per hari sekitar 5-10 pengunjung.
Adalagi
seorang penulis blogger yang hanya memiliki page rank sekitar 1 atau 2. Traffic dari Alexa masih jauh di
atas angka 1 juta, bisa jadi sekitar 2 jutaan. Jurnal yang diposting hanya
berbicara soal catatan hariannya sendiri. Suatu ketika saya mendapati
postingnya yang berpandangan tentang fatwa haram untuk golput dari MUI. Bobot
tulisannya bisa dikatakan masih jauh di bawah bobot suatu pemikiran ilmiah.
Catatan yang paling penting
disumbangkan penulis ini adalah aspirasi dari hati nurani
yang menolak atas dikeluarkannya fatwa haram golput. Argumen yang disampaikan
si penulis bisa jadi sangat lemah, akan tetapi tema yang disampaikan sudah
menjadi inspirasi bagi penulis blog yang populer.
INTEGRASI BLOGGER
1. Toolbar
Google memiliki fitur “BlogThis!”
yang mengizinkan toolbar pengguna dengan akun Blogger untuk memposting tautan
langsung ke blog mereka.
2. Blogger
mendukung layanan Google AdSense
sebagai sebuah cara bagi pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog
mereka.
3. Blogger
menawarkan layanan Google Adwords
sebagai sebuah cara untuk mempromosikan blog baru.
4. Blogger
menawarkan dukungan blog
multi-pengarang, yang memungkinkan pengguna membuat sebuah blog untuk
kelompok (group blog).
5. Blogger
menawarkan fitur pengubahan template,
yang mengizinkan pengguna mengubah desain templat blog sesuai keinginan mereka.
Bagi pengguna yang memiliki kemampuanpemrograman atau pemahaman kode CSS, fitur ini sangat berguna
karena memungkinkan mereka merancang desain blog miliknya sendiri, antara lain
dengan menambahkan sejumlahmenu, dan kolom.
6. Blogger
dapat dihubungkan langsung dengan
google+ yang dapat mentag teman dan berbagi langsung dengan mereka.
0 comments:
Post a Comment